Sebuah Model Bisnis Syariah Penghilang Praktek RIBA

November 7, 2017


Interpretasi Bisnis KS212 & Para Mitranya

Edi Wahyono – KKS212 Solo

Kita sudah tahu bahwa munculnya KS212 terinspirasi persatuan ummat Islam dalam AKSI BELA ISLAM 212 pada tanggal 2 Desember 2016 yang dipelopori dan dimotori oleh para ulama agar persatuan ummat Islam jauh lebih kokoh lagi, yang amanah dan memiliki izzah nantinya.

Lantas apa maknanya dari fenomena di atas?
Bahwa ummat ini telah disodori sebuah model bisnis syariah yang bertujuan agar ummat Islam bisa berjamaah, amanah dan ber-izzah.

Seperti apa sih model bisnisnya yang katanya bisa menghilangkan praktek-praktek RIBA?

Kita bisa ambil contoh sederhana dari cara mendapatkan modal, katakanlah 212 Mart sebagai salah core businessnya yang mendapatkan penyertaan modal dari anggota komunitas pendiri 212 mart tersebut. Ini artinya 212 Mart memanfaatkan dana dari ummat yang dimilikinya bukan pinjaman dari bank. Praktek ini memperlihatkan bahwa 212 Mart sudah terbebas RIBA dari sisi mendapatkan modalnya.

Begitu pula dalam menjalankan bisnisnya, mitra-mitra KS212 bergerak di bisnis riil dengan sistem bagi hasil, misalnya 212 Mart tadi. 

Lantas apa juga keunikan dari KS212 dan para mitranya?

Ya tadi, KS212 dan para mitranya membuat jaringan bisnis jamaah dengan spirit yang sama yakni #spirit 212. Dimana bisnis ini benar-benar bernafaskan perjuangan ekonomi ummat bukan untuk kepentingan profit semata.

Terus secara sederhana apa sih model bisnis KS212 dan para mitranya itu?

Bisnis KS212 dan para mitranya berkomitmen menggalang dana dari ummat bukan dana ummat untuk dikelola dalam bentuk usaha riil (212 Mart, Properti, 212 Mobile, 212 Tower) dan tidak menjalankan bisnis yang secara syar’i dilarang. Dana yang diperoleh tadi dikembangkan melalui bisnis riil sehingga model ini sudah mampu memutus keterlibatan bank dalam satu sisi sehingga terhindar RIBA.

Lantas misi lainnya juga membina jamaah agar menuntut ilmu-ilmu Keislaman sembari berbisnis jamaah. Artinya orientasi akhirat dan duniawi harus seiring sejalan. Maka di komunitas KS212 harus ada kegiatan semacam pengajian dan pengembangan SDM secara Islami agar bisa menjadi pribadi-pribadi muslim yang utuh.

Be continued..Insyaalloh


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *