Imtihan…

image

Perjuangan 1 tahun bersama ibu Desi dan bapak Adit diapresiasi hari ini, Alhamdulillah Fathan mendapat hasil yang cukup baik

Bekal Jelang Pembagian Rapor

Kutulis ini sebagai nasehat untuk diri sendiri, biar ndak marah-marah sama anak andai nilai raportnya tak sempurna.

Putraku bukan si juara umum di sekolah, bukan bintang utama di pengajian, juga bukan pemain inti di lapangan futsal, dan tidak juga juara melukis ataupun pemenang lomba beladiri.

Dia adalah anak-anak enam tahun , kelas satu SDIT Ikhtiar, yang senang bermain tiada henti, menikmati keciprak air hujan, berlari Koanditama kemarin menantang angin, dan tak terlalu suka belajar (belajar dalam pengertian umum orang Indonesia, yaitu membaca buku pelajaran sampai hafal titik koma nya).

Ini menyebabkan rumahku tak punya banyak piala.

Terkadang, sebongkah kecewa bergayut di hati, kecewa pada tak terpilih sebagai wakil kelas dalam perlombaan, kecewa pada hafalan surat pendek al quran yang masih salah, kecewa pada kegagalan gol karena tendangannya yg lemah.

Mana pialamu , duhai kesayanganku?

Allah, Tuhan yang kuimani berbisik lembut.

“Kamu adalah ayah yang sangaaaaaaaaat jauh dari sempurna, dan putramu tak pernah menuntut lebih, dia ikhlas, tak melayangkan protes atas segala kekuranganmu, lalu kenapa kamu tak membalasnya dengan cara serupa? Kamu sedemikian banyak menuntut dari putramu,” aku terkesiap.

Sekawanan awan sedemikian rendah, gelap, hujan memberi aba-aba mau turun, aku tergopoh mempercepat langkah menuju rumah, seharian lelah canvasing menebar rahmat, disana dia telah menunggu ku, membukakan pintu sebelum aku mengucap salam.

Aku tertidur pulas, terbangun mendengar bisikan Haluskan ditelingaku, “ayah buka puasa dulu”, bersama ibunya semua telah dipersiapka tanpa kuminta.

Terimakasih putraku, engkau telah memberi piala, dan ini adalah sebenar-benarnya piala, piala yang sesungguhnya untukku.

Nak, ijinkan aku mencium tanganmu, sebagai wujud permohonan maaf atas segala tuntutanku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *